Pelatihan Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi (PPI)PUBLIC TRAINING |
Pendaftaran |
Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI)
Latar Belakang
Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) oleh ThePrime-Consulting – Program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) telah diatur dalam PERMENKES RI No. 27 Tahun 2017 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Fasilitas Kesehatan. Program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) merupakan upaya pencegahan dan meminimalkan terjadinya infeksi yang diterapkan pada pasien, petugas, pengunjung, dan masyarakat di sekitar fasilitas pelayanan kesehatan.
Instansi Rumah Sakit dikenal dengan cara pencegahan dan pengendalian infeksi yang bertujuan agar masyarakat terlindungi dari risiko bahaya penularan wabah penyakit, baik yang ditularkan dari pasien, tenaga medis Rumah Sakit, maupun lingkungan Rumah Sakit kepada pasien lain, pengunjung, ataupun petugas Rumah Sakit itu sendiri. Tentunya hal tersebut mempunyai peranan yang sangat penting terhadap citra dan nama baik Rumah Sakit itu sendiri. Infeksi Nosokomial adalah infeksi yang tidak diderita pasien saat masuk ke Rumah Sakit melainkan setelah ±72 jam berada di tempat tersebut. Infeksi nosokomial terjadi di seluruh dunia dan berpengaruh buruk pada kondisi kesehatan terutama di negara-negara miskin dan berkembang, serta infeksi nosokomial juga termasuk salah penyumbang angka kematian terbesar pada pasien yang menjalani perawatan di Rumah Sakit.
Definisi Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI)
Rumah Sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat mempunyai peran penting dalam meningkatkan derajat kesehatan. Oleh karenanya, Rumah Sakit dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang aman dan bermutu sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. Masyarakat/pasien/pengunjung di Rumah Sakit sebagai penerima pelayanan kesehatan serta tenaga kesehatan sebagai pemberi pelayanan, dihadapkan pada risiko terjadinya infeksi nosokomial atau infeksi yang didapat di Rumah Sakit. Selain itu juga berdasarkan standar akreditasi rumah sakit versi tahun 2012 Pencegahan dan Pengendalian Infeksi kini masuk dalam penilaian akreditasi Rumah Sakit.
Untuk menindak lanjuti itu semua agar rumah sakit memiliki program PPI yang efektif, maka penting bagi pengelola rumah sakit untuk melatih seluruh anggotanya terutama yang terlibat dalam team PPI Rumah Sakit terkait dengan perencanaan program, implementasi dan sistem dokumentasi PPI, dimana diharapkan semua team yang terlibat mampu melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin sesuai dengan wewenang dan tanggung jawabnya. Menjawab semua kebutuhan tersebut diatas, terkait dengan pengembangan kompetensi team PPI rumah sakit agar menjadi sumber daya manusia yang terlatih.
Tujuan Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI)
Secara umum tujuan dari pelatihan PPI ini adalah untuk melindungi pasien dari terjangkitnya infeksi, dalam bentuk upaya pencegahan, surveilens dan pengobatan yang rasional. Dan secara khusus bertujuan:
- Memberikan pemahaman, pengetahuan sekaligus skill kepada peserta untuk bisa meningkatkan mutu dan pelayanan Rumah Sakit dalam rangka mencapai kepercayaan dan kepuasan pelanggan.
- Meningkatkan kualitas pelayanan Rumah Sakit dan fasilitas kesehatan lainnya melalui pencegahan dan pengendalian infeksi.
- Mampu memberikan perlindungan terbaik kepada seluruh sumber daya manusia (SDM), pengunjung dan pasien di Rumah Sakit dari resiko penyakit menular (Emerging Infectious Diseases) dan menurunkan angka penularan HAIs (Hospital Acquired Infections).
- Menurunkan angka kejadian Infeksi Nosokomial, dan.
- Meningkatkan kepercayaan pelanggan dan citra baik Rumah Sakit.
Materi Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI)
- Pedoman manajerial PPI.
- Prinsip dasar dan Pencegahan Infeksi.
- Penerapan Patient Safety.
- konsep dasar infeksi dan Program PPI.
- Kewaspadaan isolasi.
- Handling hygiene.
- Sanitasi alat kesehatan dan lingkungan kerja.
- Kerjasama tim.
- Pemrosesan alat kesehatan dan linen.
- Peran unit CSSD dalam pengendalian Infeksi di Rumah Sakit.
- Pengelolaan limbah di Rumah Sakit.
- Pengelolaan gizi dalam pengendalian infeksi di Rumah Sakit.
- Pengelolaan obat, antiseptik, bahan dekontaminasi dan desinfektan di Rumah Sakit.
- Diskusi batasan infeksi nosokomial.
- Pengendalian antibiotik di Rumah Sakit.
Sasaran Peserta Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI)
- Ketua dan anggota team program Implementasi PPI rumah sakit,
- Departemen P2K3 Rumah Sakit (Klinik, Lab, RS),
- QHSE Manager dan supervisor Rumah Sakit,
- Koordinator Dokter,
- Kepala Perawat, Kepala Bidan,
- Dept HRD/SDM Rumah Sakit, dan
- Semua pihak yang dalam team program pencegahan dan pengendalian infeksi Rumah Sakit.
Metode Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI)
- Pemahaman dari sisi konsep.
- Contoh aplikasi.
- Berlatih menuangkan konsep.
- Diskusi interaktif dan studi kasus sehingga peserta dapat lebih mudah memahami dan menguasai materi yang diajarkan.
Durasi Pelatihan
2 hari (2 x 7 jam efektif) Mulai Pukul 09.00-16.00 WIB
Biaya Pendaftaran pelatihan
- IDR 4.250.000/peserta (Tidak termasuk biaya akomodasi dan transportasi)
- Minimal peserta (2 -3 peserta)
Note: Kami juga menyediakan pelatihan Online dengan biaya Rp. 2.500.000/peserta. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi marketing kami atau bisa download brosur pelatihan dibawah.
Fasilitas Training
- Hard / Soft Copy Materi Training
- Sertifikat Training
- Jacket
- Coffee break
- Makan Siang
- Training Kit
- Meeting Room
Jadwal Training
Tahun 2024
- Bandung, 23-24 September 2024
- Yogyakarta, 26-27 September 2024
- Jakarta, 2-3 Oktober 2024
- Bandung, 8-9 Oktober 2024
- Depok, 14-15 Oktober 2024
- Bogor, 21-22 Oktober 2024
- Yogyakarta, 29-30 Oktober 2024
- Jakarta, 4-5 November 2024
- Bogor, 11-12 November 2024
- Depok, 19-20 November 2024
- Bandung, 26-27 November 2024
- Yogyakarta, 5-6 Desember 2024
- Jakarta, 10-11 Desember 2024
- Bandung, 18-19 Desember 2024
- Bogor, 23-24 Desember 2024
- Depok, 30-31 Desember 2024
Jadwal dan Waktu bisa diubah, dengan menghubungi Staff online Marketing terlebih dahulu.
Hubungi Kami
Marketing Office:
Phone/Fax : 021-77835761
Online Marketing:
0821-2443-2399 (Achmad)
Email:
cs@theprime-consulting.com
Website:
www.theprime-consulting.co.id
Sosial Media
Instagram: @pancaprimasolusindo
Facebook: Theprime-consulting