
Table of Contents
Pelatihan Workshop Ekspor Impor Prosedur
Latar Belakang
Pelatihan Workshop Ekspor Impor Prosedur di selanggarakan oleh ThePrime-Consulting – Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, perusahaan baik manufaktur maupun jasa perlu memahami bahwa kelangsungan operasional lebih penting daripada sekadar mengejar laba besar. Untuk mencapai keberlanjutan usaha (going concern), perusahaan membutuhkan keuntungan yang cukup, yang dicapai dengan memenuhi kebutuhan, keinginan, dan kepuasan konsumen.
Pengetahuan tentang prosedur ekspor impor yang benar sangat penting agar produk, baik barang maupun jasa, dapat dikirim secara efisien dan aman, mendukung operasional dan keberlanjutan bisnis. Oleh karena itu, pemahaman mendalam mengenai proses ekspor impor menjadi kunci penting bagi keberhasilan divisi logistik dan supply chain perusahaan.
Pelatihan Workshop Ekspor Impor Prosedur juga bertujuan membekali peserta dengan kemampuan untuk mengidentifikasi jenis barang yang dibatasi ekspornya, serta memastikan pengemasan dan pengiriman dilakukan sesuai standar internasional agar produk sampai di tujuan dengan kondisi terbaik.
Sasaran dan Manfaat Pelatihan Workshop Ekspor Impor Prosedur
- Diharapkan peserta mampu menjelaskan secara komprehensif konsep dan teori Export Import guna pengambilan keputusan sehingga pada gilirannya peserta mampu mengevaluasi praktek Export Import dan menerapkannya di Lapangan
- Peserta mampu dan memahami ruang lingkup dan Prosedur Export Import.
- Peserta dapat menerapkan system & Procedure Export Import yang tepat.
- Menghitung dan menganalisa tingkat Kepuasan Pelanggan internal maupun External.
Selama 2 hari Pelatihan ini akan menupas secara tuntas Export Import, Peserta di harapkan mampu memahami dan menerapkannya di dalam perusahaan
Peserta yang perlu ikut Pelatihan Workshop Ekspor Impor Prosedur
- Supervisor
- Manager bidang Export Import
- Manager bidang Procurement
- Manager bidang Logistics
- Manager bidang Keuangan
Materi Pelatihan Workshop Ekspor Impor Prosedur
DAY1 (ONE)
( Session 1)
- Pengertian Export
- Persyaratan Umum Export
- Pengelompokan Barang Export
- Sistim & Prosedure Export
- Dokument Export & Pendukung
( Session 2 )
- Yang perlu di perhatikan sebelum membuat kontrak
- Tahapan Kosespondensi/Sales Contract dan penbukaan L/C
- Prosedure Export berdasarkan L/C
- Isi Pokok L/C
- Jenis Jenis L/C
( Session 3 )
- Procedure Export tanpa L/C
- Cara Pembayaran Transaksi Export
- Ketentuan Export
- Pembayaran Pungutan Export
(Session 4)
- Prosedure Import
- Import Sementara
- Pemeriksaan Dokumen Import melalui Jalur Hijau, Merah
- Pemeriksaan Fisik Barang
DAY 2 (Two)
(Session 1)
Persyaratan untuk Memperolah API
- INCOTERM
- Syarat 2 Pengurusan PIB memalui PPJK
- Pemeriksaan Pabean
- Klarifikasi HS & Nilai Pabean
(Session 2)
- Jenis-Jenis Importir
- Barang tidak dikuasai, Barang Dikuasai Negara, dan barang jadi milik Negara
- Prinsip Dasar yang dianut dalam Undang-Undang Kepabeanan
- Tugas Pokok Direktorat Jendral Bea Cukai
CASE STUDY ( Session 3)
SHARING & DISCUSSION (Session 4)
Instruktur/Trainer
The Prime Consultant & Team
Durasi Training
2 hari (efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.
Tempat Training
Tahun 2025
- Jakarta, 14-15 Mei 2025
- Bogor, 20-21 Mei 2025
- Bandung, 27-28 Mei 2025
- Jakarta, 4-5 Juni 2025
- Bogor, 12-13 Juni 2025
- Jakarta, 23-24 Juni 2025
- Jakarta, 2-3 Juli 2025
- Bandung, 9-10 Juli 2025
- Bogor, 15-16 Juli 2025
- Jakarta, 22-23 Juli 2025
- Yogyakarta, 29-30 Juli 2025
- Jakarta, 6-7 Agustus 2025
- Bandung, 12-13 Agustus 2025
- Bogor, 21-22 Agustus 2025
- Jakarta, 25-26 Agustus 2025
- Jakarta, 2-3 September 2025
- Bogor, 11-12 September 2025
- Bandung, 17-18 September 2025
- Jakarta, 22-23 September 2025
- Yogyakarta, 29-30 September 2025
- Jakarta, 2-3 Oktober 2025
- Jakarta, 7-8 Oktober 2025
- Bogor, 15-16 Oktober 2025
- Jakarta, 21-22 Oktober 2025
- Bandung, 28-29 Oktober 2025
- Jakarta, 5-6 November 2025
- Jakarta, 12-13 November 2025
- Bogor, 18-19 November 2025
- Bandung, 25-26 November 2025
- Jakarta, 2-3 Desember 2025
- Jakarta, 11-12 Desember 2025
- Bogor, 16-17 Desember 2025
- Jakarta, 23-24 Desember 2025
Jadwal dan Tempat bisa diubah, dengan menghubungi Staff online Marketing terlebih dahulu.
Untuk informasi jadwal pelatihan lainnya bisa cek di Jadwal Pelatihan HRD
Fasilitas Training
- Hard / Soft Copy Materi Training
- Sertifikat Training
- Jacket
- Coffee break
- Makan Siang
- Training Kit
- Meeting Room
Biaya Pendaftaran peserta
- IDR 4.250.000/peserta (tidak termasuk biaya akomodasi dan transportasi)
- Minimal peserta (2 – 3 peserta)
Note: Kami juga menyediakan pelatihan Online dengan biaya Rp. 2.500.000/peserta. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi marketing kami atau bisa download brosur pelatihan dibawah.
Hubungi Kami
Marketing Office:
Phone/Fax : 021-77835761
Online Marketing:
0821-2443-2399 (Achmad)
Email:
cs@theprime-consulting.com
Website:
www.theprime-consulting.co.id
Sosial Media
Instagram: @pancaprimasolusindo
Facebook: Theprime-consulting