
Pelatihan SMM ISO 9001
Latar Belakang
Pelatihan SMM ISO 9001 versi 2015 yang diselenggarakan oleh ThePrime-Consulting adalah pelatihan mengenai persyaratan Sistem Manajemen Mutu berdasarkan standar SMM ISO 9001 versi 2015. Saat ini persyaratan atau standar Sistem Manajemen Mutu yang paling banyak digunakan adalah Standar SMM ISO 9001 versi 2015 yang kemudian diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Standar Nasional Indonesia atau disingkat menjadi SNI. Metode pendekatan dalam penerapan SMM ISO 9001 versi 2015 yaitu menggunakan pendekatan proses (Process Approach), pendekatan sistem (System Approach) dan juga menggunakan pola PDCA (Plan, Do, Check, Action) dan juga perbaikan secara berkelanjutan (Continual Improvement). Penerapan SMM ISO 9001 versi 2015 yang efektif akan dapat meningkatkan kinerja perusahaan atau organisasi dimana kinerja tersebut bisa mencakup kualitas atau Quality (Q), biaya atau Cost (C), pengiriman atau Delivery (D), layanan atau Service (S) dan moral (M) atau biasa disingkat dengan QCDSM (Quality, Cost, Delivery, Service, Moral).
Pendahuluan
Pelatihan SMM ISO 9001 versi 2015 dapat memberikan penjelasan bagimana sebuah sistem manajemen harus dilakukan oleh suatu organisasi untuk menjamin mutu yang dihasilkannya baik berupa produk maupun jasa sesuai dengan persyaratan atau persyaratan lain. Kepatuhan inilah yang membedakan Sistem Manajemen Mutu / SMM ISO 9001 versi 2015 dengan model manajemen lainnya, organisasi tidak bisa bebas mengembangkan sistem manajemenya, sehingga diperlukan suatu Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 versi 2015 yang terdokumentasi, adapun bentuk dokumentasi tersebut dapat berupa kebijakan mutu (Quality Policy), sasaran mutu (Quality Objectives), pedoman dan mutu (Quality Manual), prosedur mutu (Quality Procedure), instruksi kerja (Work Instruction), form-form dokumen pendukung lainnya.
Kepuasan pelanggan merupakan tujuan utama dari sebuah organisasi atau perusahaan yang menghasilkan produk ataupun menyediakan jasa. Sebuah perusahaan atau organisasi harus mampu dan berhasil dalam memenuhi persyaratan-persyaratan pelanggan karena dengan memenuhi keinginan pelanggan sesuai dengan persyaratannnya maka kepuasan pelanggan akan dapat dicapai. Kepuasan pelanggan juga dapat dicapai dengan mengendalikan rangkaian proses penyediaan produk dan jasa secara terencana dan sistematis. Dengan penerapan SMM ISO 9001 versi 2025, organisasi dapat melakukan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan peningkatan terhadap proses bisnis organisasi sehingga mampu menyediakan produk dan jasa yang berkualitas, sesuai dengan persyaratan pelanggan. Pada persyaratan SMM ISO 9001 versi 2015 terdapat 10 pasal utama, dimana pada setiap pasalnya, terdapat persyaratan yang perlu dipenuhi organisasi.
Penerapan
Seperti halnya sistem manajemen secara umum, SMM ISO 9001 versi 2015 juga harus melalui proses tinjauan yang komprehensif, sehingga dalam perjalanannya Sistem Manajemen Mutu / SMM ISO 9001 versi 2015 telah mengalami 3 kali revisi, yaitu pada tahun 1994, 2000, dan 2008. Saat ini standard SMM ISO 9001 versi 2015 adalah versi yang paling baru, dimana waktu penerbitannya adalah pada bulan September 2015.
Pelatihan SMM ISO 9001 versi 2015 ini akan mengarahkan dan memberi pemahaman kepada para peserta dalam mempersiapkan dan menyusun dokumentasi yang teruji, karena merupakan dasar penerapan dan evaluasi, serta strategi penerapan Sistem Manajemen Mutu / SMM ISO 9001 versi 2015 bagi perusahaan yang berkomitmen menghasilkan produk dan layanan bermutu serta kinerja yang tinggi.
Tujuan Pelatihan SMM ISO 9001 versi 2015
Mengapa Pelatihan ISO 9001 itu Penting? Melalui pelatihan SMM ISO 9001 versi 2015 ini, diharapkan peserta akan memahami prinsip-prinsip Sistem Manajemen Mutu serta setiap persyaratan yang terdapat dalam Sistem Manajemen Mutu / SMM ISO 9001 versi 2015. Setelah menyelesaikan pelatihan ini, peserta akan dapat mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu / SMM ISO 9001 versi 2015 di organisasinya untuk memastikan kesesuaian produk dan jasa organisasi dapat memenuhi persyaratan yang diinginkan oleh pelanggan. Di dalam pelatihan ini peserta akan dibekali dengan:
- Penjelasan dasar Sistem Manajemen Mutu.
- definisi dan sejarah ISO SMM 9001.
- Menerangkan tujuan dan manfaat ISO SMM 9001 bagi internal dan eksternal perusahaan.
- esensi penerapan ISO SMM 9001 bagi karyawan, perusahaan dan pelanggan.
- Memberikan pemahaman prinsip-prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 versi 2015.
- Memaparkan Delapan (10) klausul persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 versi 2015.
Manfaat Pelatihan SMM ISO 9001 versi 2015
Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ISO 9001 versi 2015, peserta akan mampu:
- Mampu Menentukan Persyaratan ISO 9001 versi 2015 dan perbedaan ISO 9001 versi 2008 dan ISO 9001 versi 2015
- Memahami bagaimana dan apa saja yang harus direvisi dari ISO 9001:2008 menjadi ISO 9001 versi 2015
- Mampu merumuskan action plan untuk penerapan ISO 9001 versi 2015
- Mampu melakukan persiapan upgrade sertifikasi dari ISO 9001 versi 2008 ke ISO 9001 versi 2015
Materi Pelatihan SMM ISO 9001 versi 2015
- Pengenalan Sistem Manajemen Mutu Secara Umum
- Perbedaan Prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 versi 2008 dan ISO 9001 versi 2015
- Perubahan Mendasar Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 versi 2015
- Pemahaman Persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 versi 2015
- Langkah-langkah penerapan ISO 9001 versi 2015
- Persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 versi 2015.
- Pendekatan proses dan bisnis proses.
- Bagaimana mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 versi 2015 di dalam organisasi/perusahaan.
- Cara menyusun dokumen (manual, prosedur, instruksi kerja) sesuai dengan persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 versi 2015.
- konsep PDCA untuk melakukan proses perbaikan secara online.
- Pentingnya melakukan proses Audit di dalam organisasi/perusahaan.
- pelanggan sebagai tujuan organisasi/perusahaan.
Peserta Pelatihan SMM ISO 9001 versi 2015
Yang perlu mengikuti Training ISO SMM 9001 versi 2015 diantaranya adalah:
- Kandidat Wakil Manajemen
- Tim Implementasi ISO SMM 9001
- Pengelola
- Pengawas
- Praktisi produksi
- Semua pihak yang terkait dengan proses perbaikan.
Durasi Pelatihan
14 jam efektif (2 hari kerja) Mulai Pukul 09.00-16.00 WIB.
Jadwal Pelatihan
Tahun 2025
- Jakarta, 25-26 Februari 2025
- Jakarta, 6-7 Maret 2025
- Jakarta, 10-11 Maret 2025
- Bogor, 19-20 Maret 2025
- Bandung, 24-25 Maret 2025
- Yogyakarta, 9-10 April 2025
- Jakarta, 15-16 April 2025
- Bogor, 22-23 April 2025
- Bandung, 29-30 April 2025
- Yogyakarta, 6-7 Mei 2025
- Jakarta, 14-15 Mei 2025
- Bogor, 20-21 Mei 2025
- Bandung, 27-28 Mei 2025
- Yogyakarta, 2-3 Juni 2025
Jadwal dan Waktu bisa diubah, dengan menghubungi Staff online Marketing terlebih dahulu.
Untuk informasi jadwal pelatihan lainnya bisa cek di Jadwal Pelatihan ISO
Biaya Pelatihan
- Pendaftaran per peserta Rp. 4.500.000 (belum termasuk biaya akomodasi dan transportasi)
Catatan: Kami juga menyediakan pelatihan Online dengan biaya Rp. 2.500.000/peserta. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi marketing kami atau bisa mendownload brosur pelatihan dibawah.
Fasilitas Pelatihan
- Hard / Soft Copy Materi Training
- Sertifikat Training
- Jacket
- Coffee break
- Makan Siang
- Training Kit
- Meeting Room
Hubungi Kami
Marketing Office:
Phone/Fax : 021-77835761
Online Marketing:
0821-2443-2399 (Achmad)
Email:
cs@theprime-consulting.com
Website:
www.theprime-consulting.co.id
Sosial Media
Instagram: @pancaprimasolusindo
Facebook: Theprime-consulting