Pelatihan Audit Keperawatan

Pelatihan Audit Keperawatan
Pelatihan Audit Keperawatan Penguatan kapasitas perawat dalam melakukan audit dan evaluasi mutu pelayanan keperawatan.

Pelatihan Audit Keperawatan

Latar Belakang

Pelatihan Audit Keperawatan oleh ThePrime-Consulting Pelatihan Audit Keperawatan adalah pelatihan yang dirancang untuk meningkatkan keahlian para ahli keperawatan dalam melakukan audit keperawatan. Dalam mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan, telah dirancang Standar Asuhan Keperawatan yang diterapkan pada pelayanan kesehatan di Rumah Sakit dan perlu dilakukan Audit Keperawatan secara berkala. Hal-hal tersebut merupakan hal yang penting, karena penerapan pelayanan asuhan yang tidak sesuai dengan ketentuan bukan hanya berpengaruh terhadap citra baik Rumah Sakit melainkan juga dapat berpengaruh terhadap kondisi pasien dan hal terburuknya adalah kehilangan nyawa pasien. 

Penerapan standar asuhan keperawatan ini juga menjadi salah satu tolak ukur pelayanan keperawatan dalam akreditasi Rumah Sakit. Audit keperawatan secara berkala juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan kajian untuk penyempurnaan seluruh sistem pelayanan keperawatan di Rumah Sakit. Agar dapat melakukan audit keperawatan maka tenaga keperawatan perlu juga untuk ditingkatkan pengetahuan dan ketrampilan melalui Training Audit Keperawatan.

Tujuan Pelatihan Audit Keperawatan

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali perawat dan tenaga kesehatan terkait dengan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan audit keperawatan secara sistematis dan sesuai standar rumah sakit. Dengan pelatihan ini, peserta diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan, kepatuhan terhadap prosedur, dan keselamatan pasien. Secara khusus, tujuan pelatihan ini adalah untuk:

  • Memahami konsep, prinsip, dan tujuan audit keperawatan sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kepatuhan standar.
  • Mampu merencanakan dan menyiapkan audit keperawatan secara sistematis, termasuk penyusunan checklist dan jadwal audit.
  • Menguasai teknik pelaksanaan audit untuk menilai kepatuhan terhadap prosedur, kebijakan, dan standar pelayanan keperawatan.
  • Mampu menganalisis temuan audit dan menyusun rekomendasi perbaikan yang praktis dan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan.
  • Meningkatkan kemampuan dalam menyusun laporan audit keperawatan yang jelas, akurat, dan sesuai standar rumah sakit.
  • Mendorong penerapan continuous improvement dan budaya keselamatan pasien (patient safety) di seluruh unit keperawatan.
  • Meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar tim audit dan manajemen rumah sakit untuk memastikan tindak lanjut perbaikan dilaksanakan secara efektif.

Materi Pelatihan Audit Keperawatan

  • Proses keperawatan sebagai metodologi pemberian Asuhan Keperawatan.
  • Patient Safety Keperawatan.
  • Surveilens pada Pencegahan dan Penanggulangan infeksi di Rumah Sakit.
  • Dokumentasi Asuhan Keperawatan.
  • Standar Pelayanan Rumah Sakit (SPRS).
  • Standar Asuhan Keperawatan (SAK).
  • Audit Keperawatan.
  • POA.
  • Pengelolaan Data Audit Keperawatan.

Sasaran Peserta Pelatihan Audit Keperawatan

Latar belakang peserta yang dianjurkan ikut dalam pelatihan ini adalah mereka dengan posisi Direktur / Manajer Keperawatan, Kepala Bidang / Kepala Seksi / Kepala Sub Seksi Keperawatan, Supervisor / Pengawas Perawatan / Kepala Ruangan, Tim Pengendalian Mutu Keperawatan, Komite Keperawatan.

Metode Pelatihan Audit Keperawatan

  • Presentasi,
  • Diskusi,
  • Studi kasus,
  • Diskusi interaktif, presentasi kelompok dan evaluasi.

Jadwal Pelatihan

Tahun 2025

  • Jakarta, 5-6 November 2025
  • Jakarta, 12-13 November 2025
  • Bogor, 18-19 November 2025
  • Bandung, 25-26 November 2025
  • Jakarta, 2-3 Desember 2025
  • Jakarta, 11-12 Desember 2025
  • Bogor, 16-17 Desember 2025
  • Jakarta, 23-24 Desember 2025

Jadwal dan Waktu bisa diubah, dengan menghubungi Staff online Marketing terlebih dahulu.
Untuk informasi jadwal pelatihan lainnya bisa cek di Jadwal Pelatihan Rumah Sakit

Fasilitas Pelatihan

  • Hard / Soft Copy Materi Training
  • Sertifikat Training
  • Jacket
  • Coffee break
  • Makan Siang
  • Training Kit
  • Meeting Room

Durasi Pelatihan

2 hari (Efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB

Biaya Pelatihan

  • Rp. 4.250.000,- / peserta (tidak termasuk biaya akomodasi dan transportasi)
  • Minimal peserta (2 – 3 peserta).

Note: Kami juga menyediakan pelatihan Online dengan biaya Rp. 2.500.000/peserta. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi marketing kami atau bisa download brosur pelatihan dibawah.

Hubungi Admin :

Informasi Pelatihan: WhatsApp Novi : 0821-2443-2399
Email: cs@theprime-consulting.com
Website: www.theprime-consulting.co.id

Sosial Media :

Instagram: @pancaprimasolusindo
Facebook: Theprime-consulting

Jadwal Pelatihan Lainnya:

Brosur Pelatihan:

DOWNLOAD BROSUR PELATIHAN

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.