Pelatihan Audit Operasional Rumah Sakit

Pelatihan Audit Operasional Rumah Sakit
Pelatihan Audit Operasional Rumah Sakit Meningkatkan Efisiensi dan Kualitas Layanan Kesehatan

Pelatihan Audit Operasional Rumah Sakit

Latar Belakang

Pelatihan Audit Operasional Rumah Sakit oleh ThePrime-ConsultingMenurut Dan Guy, “audit adalah proses untuk mengidentifikasi data dan mengevaluasi bukti dengan sistem yang obyektif dalam rangka memberi penilaian kesesuaian diantara pernyataan dan kriteria yang ditentukan yang kemudian hasil tersebut disampaikan kepada pihak yang memiliki kepentingan.”

Dan dengan adanya internal auditor berfungsi sebagai mata ketiga pimpinan Rumah Sakit, dimana hasil audit akan dijadikan sebagai acuan dasar ataupun alasan oleh pimpinan Rumah Sakit dalam mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Untuk memelihara sistem manajemen Rumah Sakit diperlukan pemeliharaan dan pengembangan secara terus menerus sesuai dengan standar Manajemen Rumah Sakit. Salah satu metode dalam memastikan bahwa sistem manajemen Rumah Sakit yang diterapkan telah sesuai adalah dengan melakukan internal audit.

Internal Audit Operasional Rumah Sakit adalah proses peninjauan, pemeriksaan, dan verifikasi dokumen, proses, data, dan bukti penunjang lainnya dalam implementasi sistem Manajemen Rumah Sakit. Agar memperoleh hasil audit yang kredibel diperlukan tim auditor yang handal dan kompeten. Training Audit Operasional Rumah Sakit ini bertujuan untuk mempersiapkan personal auditor yang handal dan kompeten sehingga pelaksanaan internal audit menjadi efektif, produktif, kredibel, dan tepat sasaran, sehingga dianggap pentingnya diadakan training ini.

Tujuan Pelatihan Audit Operasional Rumah Sakit 

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta dengan pengetahuan, keterampilan, dan teknik dalam melaksanakan audit operasional rumah sakit secara efektif untuk memastikan proses, prosedur, dan kinerja rumah sakit berjalan sesuai standar dan regulasi yang berlaku. Dengan pelatihan ini, peserta diharapkan mampu meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas layanan rumah sakit. Secara khusus, tujuan pelatihan ini adalah untuk:

  • Memahami dan mengetahui alasan mengapa harus diadakan program audit operasional Rumah Sakit.
  • Dapat membuat perencanaan dan pengelolahan audit operasional Rumah Sakit yang tepat sasaran.
  • Menjadi team auditor Rumah Sakit yang handal dan siap dengan perkembangan serta tuntutan global ke depannya.
  • Meningkatkan kemampuan dalam menyusun laporan audit yang jelas, akurat, dan sesuai standar.

Materi Pelatihan

  1. Pengantar perkembangan dan pemahaman produk jasa pelayanan kesehatan.
  2. Program pengendalian dan mutu rumah sakit: pemahaman  audit Rumah Sakit, implementasi program audit Rumah Sakit.
  3. Perencanaan dan penyusunan program audit: pemahaman audit operasional, tujuan program audit, target dan sasaran yang ingin dicapai.
  4. Point audit operasional Rumah Sakit : pelayanan dan penunjang medis, medik, keuangan, sumber daya manusia, logistik, etika dan hukum, mutu rumah sakit dan keluhan pelanggan.
  5. Aplikasi audit operasional Rumah Sakit, analisa temuan audit, dokumentasi dan pelaporan audit operasional rumah sakit serta penyimpanan rekaman audit Rumah Sakit.
  6. Evaluasi dan tindak lanjut audit Rumah Sakit.

Target Peserta Pelatihan

Semua pihak yang berperan dalam melakukan pengawasan dan pengembangan mutu dan layanan Rumah Sakit.

Instruktur/Trainer

The Prime Consultant & Team.

Durasi Pelatihan

2 hari (efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Jadwal Pelatihan

Tahun 2025

  • Jakarta, 5-6 November 2025
  • Jakarta, 12-13 November 2025
  • Bogor, 18-19 November 2025
  • Bandung, 25-26 November 2025
  • Jakarta, 2-3 Desember 2025
  • Jakarta, 11-12 Desember 2025
  • Bogor, 16-17 Desember 2025
  • Jakarta, 23-24 Desember 2025

Jadwal dan Waktu bisa diubah, dengan menghubungi Staff online Marketing terlebih dahulu.
Untuk informasi jadwal pelatihan lainnya bisa cek di Jadwal Pelatihan Rumah Sakit

Fasilitas Pelatihan

  • Hard / Soft Copy Materi Training
  • Sertifikat Training
  • Jacket
  • Coffee break
  • Makan Siang
  • Training Kit
  • Meeting Room

Biaya Pendaftaran

  • IDR 4.250.000/Peserta (tidak termasuk biaya akomodasi dan transportasi).
  • Minimal Peserta (2 – 3 Peserta).

Note: Kami juga menyediakan pelatihan Online dengan biaya Rp. 2.500.000/peserta. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi marketing kami atau bisa download brosur pelatihan dibawah.

Hubungi Admin :

Informasi Pelatihan: WhatsApp Novi : 0821-2443-2399
Email: cs@theprime-consulting.com
Website: www.theprime-consulting.co.id

Sosial Media :

Instagram: @pancaprimasolusindo
Facebook: Theprime-consulting

Brosur Pelatihan:

DOWNLOAD BROSUR PELATIHAN

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.