Pelatihan Manajemen Keperawatan Rumah Sakit

Pelatihan Manajemen Keperawatan
Pelatihan Manajemen Keperawatan Rumah Sakit bersama tim medis dan perawat di ruang pelatihan

Pelatihan Manajemen Keperawatan Rumah Sakit

Latar Belakang

Pelatihan Manajemen Keperawatan Rumah Sakit oleh ThePrime-Consulting – Manajemen Keperawatan merupakan suatu tugas khusus yang harus dilakukan oleh pengelola keperawatan (Manajer Keperawatan) untuk merencanakan, mengorganisasikan, dan mengarahkan, serta mengawasi segala sumber yang ada, baik itu sumber daya maupun sumber dana agar dapat memberikan pelayanan keperawatan yang efektif dan prima kepada pasien, keluarga pasien, ataupun masyarakat. Proses dalam sebuah manajemen dan fungsi tugas manajemen keperawatan adalah meliputi dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, yang harus dilakukan oleh manajer dalam bentuk supervisi. Dan bila hal ini dilakukan dengan baik maka kualitas pelayanan keperawatan akan berjalan dengan optimal dan tingkat kepuasan pasien maupun klien akan terpenuhi dengan baik pula.

Perawat sebagai ujung tombak Rumah Sakit harus memahami dan mengerti betul akan kebutuhan tersebut karena perawat akan selalu menghadapi secara langsung pelanggan, baik pasien ataupun keluarganya selama pasien dirawat. Di lain pihak dengan banyaknya Rumah Sakit baik Rumah Sakit Pemerintah maupun Swasta menuntut perawat untuk memberikan pelayanan yang komprehensif yang tidak hanya mengedepankan kepuasan pelanggan tetapi juga loyalitas pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan.

Perawat juga diharuskan untuk dapat memberikan pelayanan yang profesional sebagai salah satu indikator dalam menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Untuk menciptakan loyalitas perlu adanya kemampuan dalam hal soft skill yang mungkin saat ini dianggap hal yang kurang penting. Banyak permasalahan yang bersumber dari soft skill yang kurang baik dan tentu saja hal ini akan berakibat pada kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Oleh karena itu dianggap pentingnya diadakan Pelatihan Manajemen Keperawatan Rumah Sakit ini.

Tujuan Pelatihan Manajemen Keperawatan Rumah Sakit

Dengan pelatihan ini, peserta diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan, keselamatan pasien, dan efektivitas operasional rumah sakit. Secara khusus, tujuan pelatihan ini adalah untuk:

  1. Memahami prinsip, konsep, dan peran manajemen keperawatan dalam konteks rumah sakit dan pelayanan kesehatan.
  2. Mampu merencanakan, mengorganisasi, dan mengendalikan kegiatan keperawatan sesuai dengan standar operasional dan prosedur rumah sakit.
  3. Menguasai teknik pengelolaan sumber daya manusia keperawatan, termasuk penjadwalan, pengembangan kompetensi, dan evaluasi kinerja.
  4. Meningkatkan keterampilan koordinasi dan komunikasi antar tim keperawatan untuk pelayanan yang terintegrasi dan aman.
  5. Mampu menerapkan kebijakan dan protokol keperawatan sesuai regulasi dan akreditasi rumah sakit.

Materi Pelatihan Manajemen Keperawatan Rumah Sakit

  • Kepala ruang / ketua tim sebagai manajer di ruang rawat.
  • Komunikasi yang efektif dalam manajemen keperawatan.
  • Perencanaan keperawatan di ruang rawat.
  • Pengorganisasian pemberian asuhan keperawatan di ruang rawat bangsal.
  • Model praktek keperawatan profesional.
  • Motivasi dalam manajemen keperawatan.
  • Supervisi dalam manajemen keperawatan.
  • Manajemen konflik.
  • Monitoring dan evaluasi mutu asuhan keperawatan.
  • Pelayanan prima keperawatan di Rumah Sakit.
  • Panduan manajemen keperawatan di tingkat ruang rawat.

Sasaran Peserta Pelatihan

  • Direktur keperawatan.
  • Kepala bidang keperawatan/Manager Keperawatan.
  • Calon bidang keperawatan.
  • Komite keperawatan.

Metode Pelatihan

  • Presentasi
  • Diskusi
  • Studi Kasus
  • Diskusi interaktif
  • Presentasi kelompok dan evaluasi

Jadwal Pelatihan

Tahun 2025

  • Jakarta, 4-5 November 2025
  • Jakarta 10-11 November 2025
  • Bogor, 18-19 November 2025
  • Bandung, 25-26 November 2025
  • Jakarta, 3-4 Desember 2025
  • Jakarta, 9-10 Desember 2025
  • Bandung, 16-17 Desember 2025
  • Jakarta 22-23 Desember 2025

Jadwal dan Waktu pelatihan dapat disesuaikan dengan menghubungi Staff online Marketing kami.
Untuk informasi jadwal pelatihan lainnya bisa cek di Jadwal Pelatihan Rumah Sakit

Fasilitas Pelatihan

  • Hard / Soft Copy Materi Training
  • Sertifikat Training
  • Jacket
  • Coffee break
  • Makan Siang
  • Training Kit
  • Meeting Room

Durasi Pelatihan

2 hari (Efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB

Biaya Pelatihan

  • IDR 4.250.000/peserta/peserta  (tidak termasuk biaya akomodasi dan transportasi).
  • Minimal Peserta (2 – 3 Peserta).

Note: Kami juga menyediakan pelatihan Online dengan biaya Rp. 2.500.000/peserta. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi marketing kami atau bisa download brosur pelatihan dibawah.

Hubungi Admin :

Informasi Pelatihan: WhatsApp Novi : 0821-2443-2399
Email: cs@theprime-consulting.com
Website: www.theprime-consulting.co.id

Sosial Media :

Instagram: @pancaprimasolusindo
Facebook: Theprime-consulting

Jadwal Pelatihan Lainnya:

Brosur Pelatihan:

DOWNLOAD BROSUR PELATIHAN

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.