
Training Klaim Medis Dan Vertifikasi JAMKESMAS Rumah Sakit
Latar Belakang
Training Klaim Medis dan Verifikasi JAMKESMAS Rumah Sakit oleh ThePrime-Consulting – Meningkatnya jumlah populasi penduduk miskin yang ada di Indonesia pada tahun 2010 hingga sekarang mencapai 77 juta jiwa, dengan peserta JAMKESMAS yang merupakan konsumen terbesar di Puskesmas, Rumah Sakit Umum, dan RSUD. Sesuai dengan UU No. 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan UU No. 24 tahun 2011 tentang pelaksanaan Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS), jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia sudah dimulai secara bertahap terhitung sejak tahun 2014. Situasi ekonomi yang sangat kompetitif, profesionalisme dan mutu pelayanan rumah sakit merupakan tuntutan utama bagi para peserta dan perusahaan pengguna jasa jaminan kesehatan masyarakat.
Data dari Dinas Kementerian Kesehatan saat ini, diperkirakan pada awal tahun 2014 jumlah rakyat yang mempunyai jaminan berjumlah lebih dari 140 juta orang. Seiring dengan meningkatnya permintaan klaim medis, harus seefektif mungkin dalam prosedur penagihan. Hal ini semata untuk menghindari adanya berbagai konflik yang dapat terjadi antara Rumah Sakit dengan perusahaan jaminan kesehatan. Oleh karena itu dengan adanya program jasa jaminan pelayanan kesehatan yang didukung oleh sumber daya manusia yang memadai baik dari sisi kompetensi dan keahlian sangat dibutuhkan dalam menyikapi tantangan bisnis di era globalisasi kedepan.
Tujuan Training Klaim Medis dan Verifikasi JAMKESMAS Rumah Sakit
- Diharapkan peserta mampu menyiapkan diri dan rumah sakitnya untuk mampu menghadapi tuntutan JAMKESMAS ke depan.
- Memberikan pembekalan dan pengetahuan kepada peserta akan tantangan penyelenggaraan jaminan kesehatan ke depan.
- Memberikan pengetahuan sekaligus skill kepada peserta agar mampu mengelola dan mengaplikasikan prosedur klaim JAMKESMAS sesuai dengan standar dan persyaratan.
Materi Training Klaim Medis dan Verifikasi JAMKESMAS Rumah Sakit
- Aspek bahaya moral dan dampak terhadap biaya kesehatan, serta bagaimana mengantisipasinya.
- Modus-modus kecurangan klaim.
- Factors delay in payment.
- Tips and trik delay in payment and denial of payment by insurer.
- Sistem verifikasi tagihan untuk mengantisipasi bentuk-bentuk kecurangan.
- Teknik analisa dan verifikasi tagihan klaim: rawat jalan dan rawat inap.
- Prinsip dan dasarr-dasar kerja sama asuransi, baik dengan pemerintah dan pihak swasta.
- Selection aspect for insurance agreement.
- Billing system for insurance.
Target Peserta Training Klaim Medis dan Verifikasi JAMKESMAS Rumah Sakit
- Direktur,
- Manajer Keuangan,
- Bendahara Yayasan,
- Staf Ahli Pajak,
- Semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak terhadap proses klaim JAMKESMAS.
Instruktur/Trainer
The Prime Consultant & Team.
Durasi Training
2 hari (efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.
Jadwal Pelatihan
Tahun 2025
- Bogor, 9-10 Januari 2025
- Bandung, 15-16 Januari 2025
- Jakarta, 23-24 Januari 2025
- Yogyakarta, 30-31 Januari 2025
- Bogor, 5-6 Februari 2025
- Bandung, 10-11 Februari 2025
- Jakarta, 19-20 Februari 2025
- Yogyakarta, 26-27 Februari 2025
- Bogor, 3-4 Maret 2025
- Bandung, 13-14 Maret 2025
- Jakarta, 18-19 Maret 2025
- Yogyakarta, 25-26 Maret 2025
- Bogor, 15-16 April 2025
- Bandung, 21-22 April 2025
- Jakarta, 24-25 April 2025
- Yogyakarta, 28-29 April 2025
- Bogor, 5-6 Mei 2025
- Bandung 15-16 Mei 2025
- Jakarta 21-22 Mei 2025
- Yogyakarata, 27-28 Mei 2025
Jadwal dan waktu pelatihan dapat disesuaikan dengan menghubungi staf Online Marketing kami.
Untuk informasi jadwal pelatihan lainnya bisa cek di Jadwal Pelatihan Rumah Sakit
Fasilitas Training
- Hard / Soft Copy Materi Training
- Sertifikat Training
- Jacket
- Coffee break
- Makan Siang
- Training Kit
- Meeting Room
Biaya Training
- Rp. 4.250.000/peserta (belum termasuk biaya akomodasi dan penginapan).
- Minimal peserta (2 – 3 peserta).
Note: Kami juga menyediakan pelatihan Online dengan biaya Rp. 2.500.000/peserta. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi marketing kami atau bisa download brosur pelatihan dibawah.
Hubungi Kami
Marketing Office:
Phone/Fax : 021-77835761
Online Marketing:
0821-2443-2399 (Achmad)
Email:
cs@theprime-consulting.com
Website:
www.theprime-consulting.co.id
Sosial Media
Instagram: @pancaprimasolusindo
Facebook: Theprime-consulting