Training Clinical Pathway

Training Clinical Pathway

Pendaftaran

Contact Us … WhatsApp Us … Email Us …

Training Clinical Pathway 

Latar Belakang

Training Clinical Pathway oleh ThePrime-Consulting – Integrated Clinical Pathway atau yg biasa kita sebut dengan ICP adalah alur perencanaan pelayanan terpadu untuk mencapai pelayanan yang bermutu dengan menggunakan bantuan penataan klinis (clinical governance) agar menjamin pasien mendapatkan pelayanan yang bersifat kontinum (continum of care), dimana sejak pasien masuk ke Rumah Sakit semua yang akan diterima pasien sudah direncanakan secara baik, dilakukan sesuai prosedur, serta dimonitor pelaksanaannya, dengan harapan outcome pelayanan akan menjadi baik dan terukur.

Rumah Sakit yang baik adalah Rumah Sakit yang memberikan pelayanan prima melalui penyelenggaraan pelayanan secara paripurna pada unit gawat darurat, rawat jalan, rawat inap, serta ruang tindakan dan ruang perawatan khusus. Penyelenggaraan pelayanan ini dilaksanakan oleh berbagai kelompok profesi. Para profesional yang memberikan asuhan kepada pasien di Rumah Sakit adalah staf medis baik dokter maupun dokter spesialis, staf klinis keperawatan (perawat dan bidan), nutrisionis dan farmasis yang rutin dan pasti selalu berkontak dengan pasien, akan tetapi tidak kalah pentingnya profesional lain yang berfungsi melakukan asuhan penunjang berupa analis laboratorium, penata rontgen, fisioterapis.

Definisi Training Clinical Pathway

Peraturan Menteri Kesehatan No 1438 tahun 2010 telah mengatur standar pelayanan yang harus dijadikan dasar acuan dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan di Indonesia dalam bentuk PNPK (Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran) untuk tingkat nasional dan PPK (Panduan Praktik Klinis) untuk tingkat Rumah Sakit.

Berdasarkan PPK masing-masing profesi inilah dibuat alur klinik yang terintegrasi, sehingga patut disebut sebagai Integrated Clinical Pathway (ICP).

Pada pelatihan ini akan dibahas bagaimana keterkaitan pelaksanaan alur klinik terpadu (integrated clinical pathway) yang mengacu pada Panduan Praktik Klinis (PPK) sebagai manifestasi konsep Patient Centered Care (PCC) dengan kendali mutu dan kendali biaya di dalam sebuah rumah sakit, sehingga diharapkan setiap rumah sakit dapat membuatnya.

Memperhatikan kewajiban tersebut maka Rumah Sakit harus mengikuti program Akreditasi Rumah Sakit yang menjamin tata kelola Rumah Sakit yang baik untuk melindungi pasien dari kejadian tidak diharapkan (mutu dan patient safety). Begitu pula Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan BPJS nya mengharuskan pengelolaan rumah sakit yang efisien tanpa mengabaikan mutu dan keselamatan pasien.

Permenkes Nomor 012 tahun 2012 Tentang Akreditasi Rumah Sakit, Pasal 3 menyebutkan bahwa dalam upaya peningkatan mutu pelayanan Rumah Sakit mesti dilakukan Akreditasi yang terdiri dari Akreditasi Nasional dan Akreditasi Internasional. Rumah sakit wajib mengikuti Akreditasi Nasional, sedangkan dalam upaya meningkatkan daya saing, Rumah Sakit dapat mengikuti Akreditasi Internasional sesuai dengan kemampuannya.

Tujuan Training Clinical Pathway

  1. Membantu meningkatkan kemampuan manajemen Rumah Sakit dan membuka wawasan kepada Komite Medis, staf medis dan staf manajemen Rumah Sakit dalam memahami dan menyusun PPK dan ICP dalam rangka menyiapkan rumah sakit menghadapi JKN dengan sistim pembayaran Pre Payment System.
  2. Meningkatnya wawasan dan pemahaman Komite Medis dan Komite Keperawatan terhadap Permenkes 1438 tahun 2010, serta meningkatnya kemampuan Komite Medis dan Komite Keperawatan dalam melaksanakan fungsi regulasi pelayanan medis dengan membuat Panduan Praktik Klinis (PPK) dalam rangka persiapan akreditasi Rumah Sakit.
  3. Meningkatnya wawasan dan pemahaman staf medis dan staf keperawatan dan staf profesional lainnya akan konsep dan pelaksanaan Dokter Penanggung jawab Pelayanan (DPJP) dan Manajer Pelayanan Pasien (MPP)/Case Manager.

Sasaran Training Clinical Pathway

  • Peserta memahami tentang ICP dan standar pelayanan secara konsep dan teknis.
  • Peserta mampu menyusun format ICP untuk 10 diagnosis penyakit di RS masing-masing.
  • Peserta memahami Permenkes 1438 tahun 2010 tentang standar Pelayanan Kedokteran baik konseptual maupun teknis.
  • Peserta memahami dan mampu menyusun Panduan Praktik Klinis (PPK) untuk masing masing profesi.
  • Peserta memahami dan mampu mengintegrasikan PPK masing masing kedalam Integrated  Clinical Pathway (ICP).
  • Peserta memahami dan dapat menerapkan konsep Pelayanan Berfokus Pasien / Patient Centered Care  (PCC)  dengan melaksanakan DPJP dan Manajer Pelayanan Pasien (MPP)/ Case manager.

Target Peserta Training Clinical Pathway

  • Direktur RS dan jajaran Direksi RS
  • Pemilik RS atau Dewan/Direksi Perusahaan
  • Komite Medis (Ketua dan Pengurus)
  • Staf Medis Rumah Sakit
  • Staf Keperawatan Rumah sakit
  • Staf Profesional lainnya
  • Staf SIM RS

Metode Training Clinical Pathway

  • Ceramah.
  • Diskusi, tanya jawab.
  • Latihan membuat PPK dan ICP.
  • Presentasi ICP hasil kerja peserta.

Peserta diharap membawa laptop

Materi Training Clinical Pathway

  • Clinical Pathway sebagai Kendali Mutu dan Biaya dalam Sistem Pembiayaan BPJS.
  • Clinical Pathway dalam Standar Akreditasi RS versi 2012.
  • Pemahaman konsep Pelayanan Berfokus pasien / Patient Centered Care.
  • Peranan Rekam medis dalam Pelaksanaan Patient centered care.
  • Implementasi Permenkes 1438 tahun 2010, pemahaman tentang PNPK, PPK, Guideline, Protokol, Clinical  Pathway, standing order.
  • Konsep Pembuatan Clinical pathway.
  • Konsep Pembuatan Panduan DPJP dan Case Manajer.
  • Komponen yang diperlukan dalam pembuatan ICP.
  • Langkah-langkah dalam pembuatan ICP di RS.
  • Wawasan dan pemahaman tentang Casemix (INA-CBG’s).
  • Latihan pembuatan Panduan Praktek Klinik dan ICP.

Instruktur/Trainer

The Prime Consultant & Team.

Durasi Training

2 hari (efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Tempat Training

Tahun 2024

  • Jakarta, 5-6 Februari 2024
  • Bogor, 14-15 Februari 2024
  • Bandung, 21-22 Februari 2024
  • Yogyakarta, 27-28 Februari 2024
  • Jakarta, 6-7 Maret 2024
  • Bogor, 13-14 Maret 2024
  • Bandung, 19-20 Maret 2024
  • Yogyakarta, 28-29 Maret 2024
  • Jakarta, 3-4 April 2024
  • Bogor, 9-10 April 2024
  • Bandung, 17-18 April 2024
  • Yogyakarta, 25-26 April 2024
  • Jakarta, 7-8 Mei 2024
  • Bogor, 15-16 Mei 2024
  • Bandung, 21-22 Mei 2024
  • Yogyakarta, 30-31 Mei 2024

Jadwal dan Waktu bisa diubah, dengan menghubungi Staff online Marketing terlebih dahulu.

Fasilitas Training

  • Hard / Soft Copy Materi Training
  • Sertifikat Training
  • Jacket
  • Coffee break
  • Makan Siang
  • Training Kit
  • Meeting Room

Biaya Pendaftaran

  • IDR 4.250.000/peserta (tidak termasuk biaya akomodasi dan transportasi).
  • Minimal peserta (2 – 3 peserta).

Note: Kami juga menyediakan pelatihan Online dengan biaya Rp. 2.500.000/peserta. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi marketing kami atau bisa download brosur pelatihan dibawah.

Hubungi Kami

Marketing Office:
Phone/Fax : 021-77835761
Online Marketing:
0821-2443-2399 (Achmad)
Email:
cs@theprime-consulting.com 
Website:
www.theprime-consulting.co.id

Sosial Media

Instagram: @pancaprimasolusindo

Facebook: Theprime-consulting

Brosur Pelatihan:

DOWNLOAD BROSUR PELATIHAN ONLINE

DOWNLOAD BROSUR PELATIHAN OFFLINE 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.