Pelatihan Pengenalan Tahapan Awal Menuju Akreditasi Rumah Sakit

Pelatihan pengenalan Tahapan Awal menuju Akreditasi Rumah Sakit 

Pendaftaran

Contact Us … WhatsApp Us … Email Us …

Pelatihan Pengenalan Tahapan Awal Menuju Akreditasi Rumah Sakit 

Latar Belakang

Pelatihan Pengenalan Tahapan Awal Menuju Akreditasi Rumah Sakit oleh ThePrime-Consulting Akreditasi Rumah Sakit di Indonesia adalah suatu program yang dilaksanakan oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS), sebuah badan yang dibentuk oleh Departemen Kesehatan RI untuk menyusun standar akreditasi, melakukan proses akreditasi, serta memberikan sertifikat akreditasi kepada Rumah Sakit yang telah memenuhi persyaratan standar akreditasi.

Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) sejak tahun 1995 telah menetapkan adanya tiga jenjang kelengkapan akreditasi mulai dari 5 (lima) pelayanan, 12 (dua belas) pelayanan, dan 16 (enam belas) pelayanan. Setiap Rumah Sakit dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya sendiri. Setelah proses penyurveian, Rumah Sakit dapat saja lulus penuh, lulus bersyarat, ataupun tidak lulus. Akreditasi model ini berbasis kepada performa dari unit kerja. Diharapkan dengan integrasi unit-unit kerja yang masing-masing memenuhi standar, performa Rumah Sakit juga dapat meningkat dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh KARS. Akreditasi bagi Rumah Sakit ini merupakan kewajiban dan amanah Undang-Undang, sebagaimana ketentuan tentang kewajiban Rumah Sakit untuk mengikuti akreditasi yang tercantum dalam Undang – Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit, sehingga tidak ada alasan bagi Rumah Sakit untuk tidak mengikuti program akreditasi.

Peraturan Tentang Akreditasi Rumah Sakit

Telah dijelaskan dalam PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 012 TAHUN 2012 TENTANG AKREDITASI RUMAH SAKIT, Apa itu Akreditasi Rumah Sakit?

Dalam Pasal 1 Peraturan Menteri ini, yang dimaksud dengan:

  • Akreditasi Rumah Sakit, selanjutnya disebut Akreditasi, adalah pengakuan terhadap Rumah Sakit yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara Akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri, setelah dinilai bahwa Rumah Sakit itu memenuhi Standar Pelayanan Rumah Sakit yang berlaku untuk meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit secara berkesinambungan.
  • Standar Pelayanan Rumah Sakit adalah semua standar pelayanan yang berlaku di Rumah Sakit antara lain standar prosedur operasional, standar pelayanan medis, dan standar asuhan keperawatan.
  • Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.
  • Instrumen Akreditasi selanjutnya disebut instrumen adalah alat ukur yang dipakai oleh lembaga independen penyelenggara Akreditasi untuk menilai Rumah Sakit dalam memenuhi Standar Pelayanan Rumah Sakit.
  • Pemerintah Pusat, selanjutnya disebut Pemerintah, adalah Presiden Republik Indonesia yang memegang kekuasaan pemerintahan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  • Pemerintah Daerah adalah Gubernur, Bupati, Walikota, dan perangkat daerah sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.
  • Direktur Jenderal adalah Direktur Jenderal di lingkungan Kementerian Kesehatan yang bertanggung jawab di bidang upaya kesehatan.

Sasaran Pengenalan Tahapan Awal menuju Akreditasi Rumah Sakit

Tujuan dari Pelatihan Persiapan Akreditasi Rumah Sakit ini adalah :

  • Mampu memfasilitasi RS dalam membuat perencanaan perbaikan strategis, mengelola program akreditasi dan memahami kaitan akreditasi RS dengan target MDG’s tahun 2015.
  • Dapat membantu rumah sakit dalam mempersiapkan akreditasi rumah sakit dan monitoring paska survei.

Materi Pelatihan Pengenalan Tahapan Awal menuju Akreditasi Rumah Sakit

  • Materi yang akan disampaikan dalam Training Pengenalan Tahapan Awal Menuju Akreditasi Rumah Sakit ini adalah materi yang berkaitan dengan buku JCI (Joint Commission International) yang terbaru (Edisi 4 Tahun 2011) dan KARS ver. 2012.

Target Peserta Pelatihan Pengenalan Tahapan Awal menuju Akreditasi Rumah Sakit

  • Team Akreditasi Rumah Sakit,
  • Perwakilan Manajemen,
  • Dept Sumber Daya Rumah Sakit,
  • Dokter,
  • Perawat,
  • Bidan,
  • HRD Rumah Sakit dan
  • Semua pihak yang terlibat secara langsung ataupun tidak dalam proses akreditasi rumah sakit.

Instruktur/Trainer

The Prime Consultant & Team.

Durasi Pelatihan Pengenalan Tahapan Awal menuju Akreditasi Rumah Sakit

2 hari (efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Metode Pelatihan Pengenalan Tahapan Awal menuju Akreditasi Rumah Sakit

  • Presentasi
  • Diskusi
  • Studi Kasus
  • Diskusi interaktif
  • Presentasi kelompok dan evaluasi

Jadwal Pelatihan

Tahun 2024

  • Jakarta, 5-6 Juni 2024
  • Bogor, 10-11 Juni 2024
  • Jakarta, 25-26 Juni 2024
  • Jakarta, 1-2 Juli 2024
  • Bogor, 9-10 Juli 2024
  • Jakarta, 18-19 Juli 2024
  • Bandung, 24-25 Juli 2024
  • Yogyakarta, 30-31 Juli 2024
  • Jakarta, 5-6 Agustus 2024
  • Bogor, 14-15 Agustus 2024
  • Bandung, 22-23 Agustus 2024
  • Depok, 26-27 Agustus 2024
  • Jakarta, 3-4 September 2024
  • Bogor, 10-11 September 2024
  • Depok, 19-20 September 2024
  • Bandung, 25-26 September 2024
  • Jakarta, 2-3 Oktober 2024
  • Bogor, 9-10 Oktober 2024
  • Bandung, 15-16 Oktober 2024
  • Jakarta, 22-23 Oktober 2024
  • Yogyakarta, 29-30 Oktober 2024
  • Jakarta, 5-6 November 2024
  • Bogor, 12-13 November 2024
  • Bandung, 20-21 November 2024
  • Depok, 27-28 November 2024
  • Jakarta, 2-3 Desember 2024
  • Bogor, 10-11 Desember 2024
  • Jakarta, 17-18 Desember 2024
  • Bandung, 23-24 Desember 2024

Jadwal dan Waktu bisa diubah, dengan menghubungi Staff online Marketing terlebih dahulu.

Fasilitas Pelatihan

  • Hard / Soft Copy Materi Training
  • Sertifikat Training
  • Jacket
  • Coffee break
  • Makan Siang
  • Training Kit
  • Meeting Room

Durasi Pelatihan

2 hari (Efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB

Biaya Pelatihan

  • Offline sebesar Rp. 5.000.000 (sudah termasuk biaya penginapan)
  • Online sebesar Rp. 2.500.000 (informasi hubungi marketing kami)

Hubungi Kami

Marketing Office:
Phone/Fax : 021-77835761
Online Marketing:
0821-2443-2399 (Achmad)
Email:
cs@theprime-consulting.com 
Website:
www.theprime-consulting.co.id

Sosial Media

Instagram: @pancaprimasolusindo

Facebook: Theprime-consulting

Jadwal Pelatihan Lainnya:

Brosur Pelatihan:

DOWNLOAD BROSUR PELATIHAN ONLINE

DOWNLOAD BROSUR PELATIHAN OFFLINE 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.