Pelatihan Rekam Medis Rumah Sakit

Pelatihan Rekam Medis Rumah Sakit 

Pendaftaran

Contact Us … WhatsApp Us … Email Us …

Pelatihan Rekam Medis Rumah Sakit

Pendaftaran Pelatihan

Marketing Office:
Telp. 021-783-5760
Fax.  021-7783-5761

Website:
https://theprime-consulting.co.id

Mobile / WhatsApp : 
0821-2443-2399 (WhatsApp)  

Email: cs@theprime-consulting.com

Latar Belakang

Pelatihan Rekam Medis Rumah Sakit oleh ThePrime-Consulting – Menurut Peraturan Menteri Kesehatan No. 269 Tahun 2008, rekam medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien. Rekam medis juga merupakan keterangan yang tertulis maupun yang terekam tentang anamnesa, penentuan fisik laboratorium, diagnosa segala pelayanan serta tindakan medis yang diberikan kepada pasien, dan juga pengobatan baik di rawat inap, rawat jalan, maupun yang memperoleh pelayanan gawat darurat. Penyelenggaraan rekam medis merupakan proses kegiatan yang dimulai sejak awal pasien mendapat pelayanan medik di Rumah Sakit dan dilanjutkan dengan penanganan berkas rekam medis yang meliputi penyelenggaraan, penyimpanan, serta pengeluaran berkas dari tempat penyimpanan untuk melayani permintaan apabila dibutuhkan oleh dokter, mahasiswa penelitian, dan juga hukum di pengadilan.

Tenaga perekam medis juga dituntut untuk dapat melakukan analisis data dan menyajikan data dalam bentuk informasi kesehatan yang handal, selain itu juga harus dapat melakukan pencatatan data rekam medis, sehingga bisa menjadi masukan bagi pejabat pengambil keputusan di Rumah Sakit atau institusi kesehatan lainnya. Oleh karena itu rekam medis merupakan hal penting dalam pengembangan layanan Rumah Sakit. Selain hal tersebut, rekam medis juga berfungsi sebagai perlindungan kepentingan hukum baik bagi pasien, tenaga kesehatan ataupun institusi pelayanan. Sehingga, kemampuan pengelolaan dengan manajemen yang rapi, pengerjaan yang sistematis dan benar, serta update tentang manajemen informasi kesehatan menjadi salah satu syarat utama bagi petugas rekam medis yang handal dan professional. Dengan demikian dianggap pentingnya dilaksanakan pelatihan ini.

Tujuan Pelatihan Rekam Medis Rumah Sakit

  • Peserta dapat menyajikan informasi kesehatan yang akurat sehingga bisa menjadi Acuan dalam pengambilan keputusan.
  • Untuk meningkatkan kualitas tenaga perekam medis dan kesehatan pada sarana pelayanan kesehatan sehingga mampu melakukan pengumpulan data secara komunikatif.
  • Peserta mampu melakukan pendataan secara benar dan melakukan analisis sederhana, sehingga dapat menjadi sumber informasi dalam menghasilkan informasi kesehatan yang akurat.
  • Peserta mampu mengidentifikasi informasi yang berguna bagi manajemen dari hasil pengolahan rekam medis secara optimal.
  • Memahami aspek hukum rekam medis dan Penerapan informed consent di Rumah Sakit.

Materi Pelatihan Rekam Medis Rumah Sakit

  • Pengantar Dasar Manajemen Rekam Medis, meliputi : Proses Identifikasi, Indexing, Filling dan Retrieving.
  • Terminologi medis dasar.
  • Pengelolaan Sistem Rekam Medis.
  • Sistem Penomoran.
  • Penamaan.
  • Penyimpanan/Penjajaran.
  • Pengenalan ICD 10.
  • Pengambilan kembali Rekam Medis.
  • Penyusutan dan Pemusnahan Rekam Medis.
  • Perencanaan Kebutuhan Ruang Penyimpanan Rekam Medis dan Perhitungan Rak.
  • Disain Formulir Rekam Medis.
  • Isi rekam medis dan penataan berkas Rekam Medis.
  • Pengendalian Dan Evaluasi Dokumen Rekam Medis (Manual & Komputerisasi) Praktik Pengkodean menggunakan Rekam Medis.
  • Klasifikasi penyakit dan tindakan.

Sasaran Peserta Pelatihan Rekam Medis Rumah Sakit

  • Kepala Instalasi Rekam Medis Rumah Sakit,
  • Admin & Staff Document Control Dept Rekam Medis Rumah Sakit,
  • Team Akreditasi Rumah Sakit,
  • Perwakilan Manajemen,
  • Dept Sumber Daya Rumah Sakit dan semua pihak yang terlibat secara langsung ataupun tidak dalam pengelolahan dan manajerial Instalasi Rekam Medis Rumah Sakit, dan
  • Perwakilan Instalasi rekam medis yang terlibat dalam proses akreditasi Rumah Sakit.

Durasi Pelatihan

2 hari (2 x 7 jam efektif) Mulai Pukul 09.00-16.00 WIB 

Fasilitas Pelatihan

  • Hard / Soft Copy Materi Training
  • Sertifikat Training
  • Jacket
  • Coffee break
  • Makan Siang
  • Training Kit
  • Meeting Room

Biaya Pendaftaran peserta

  • Rp. 4.250.000,- / peserta (tidak termasuk biaya akomodasi dan transportasi)

Note: Kami juga menyediakan pelatihan Online dengan biaya Rp. 2.500.000/peserta. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi marketing kami atau bisa download brosur pelatihan dibawah.

Jadwal Pelatihan

Tahun 2024

  • Jakarta, 8-9 Februari 2024
  • Bogor, 15-16 Februari 2024
  • Bandung, 22-23 Februari 2024
  • Yogyakarta, 28-29 Februari 2024
  • Jakarta, 4-5 Maret 2024
  • Bogor, 14-15 Maret 2024
  • Bandung, 21-22 Maret 2024
  • Yogyakarta, 27-28 Maret 2024
  • Jakarta, 4-5 April 2024
  • Bogor, 16-17 April 2024
  • Bandung, 22-23 April 2024
  • Yogyakarta, 24-25 April 2024
  • Jakarta, 6-7 Mei 2024
  • Bogor, 14-15 Mei 2024
  • Bandung, 20 21 Mei 2024
  • Yogyakarta, 27-28 Mei 2024

Jadwal dan Waktu bisa diubah, dengan menghubungi Staff online Marketing terlebih dahulu.

Hubungi Kami

Marketing Office:
Phone/Fax : 021-77835761
Online Marketing:
0821-2443-2399 (Achmad)
Email:
cs@theprime-consulting.com 
Website:
www.theprime-consulting.co.id

Sosial Media

Instagram: @pancaprimasolusindo

Facebook: Theprime-consulting

Jadwal Pelatihan Lainnya:

Brosur Pelatihan:

DOWNLOAD BROSUR PELATIHAN ONLINE

DOWNLOAD BROSUR PELATIHAN OFFLINE 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.